3 Aplikasi Untuk Menyusun Jadwal Otomatis

1__XML Creator for aSc TimeTables

XML Creator for aSc TimeTables adalah aplikasi berbasis excel untuk bantu entri data jadwal kedalam Program penyusunan jadwal otomatis ASC TimeTables.

Dapat di download di sini

Dengan Aplikasi XML Creator ini membuat data aSc Timetable semakin mudah dan menyenangkan karena tampilannya simple dan mudah dibaca datanya dalam sekali sapuan baca data. XML Creator menghasilkan data berformat XML yang memuat data rombel, guru, mapel, gedung dan ruang serta data pembagian kontrak mengajar masing-masing guru. Kita tinggal meng-Import-kan data xml ini kedalam aSc TimeTables kemudian memproses untuk penjadwalan otomatisnya.

Untuk menggunakannya tidak perlu install karena sifatnya portable, bisa di copy dan diganti namanya sesuai dengan data yang ada di dalamnya.

Alasan mendasar mengapa perlu menggunakan XML Creator for aSc TimeTables

  • Tampilan yang familiar dengan aplikasi yang sering kita gunakan karena menggunakan WorkBook Excel.
  • Tidak perlu install aplikasi
  • Memudahkan pemecahan jam pertemuan dengan mengatur nilai splitnya, secara otomatis jam pertemuan yang lebih dari 2 jam pelajaran dapat di pecah menjadi beberapa pertemuan (split durasi). 
  • Kolom yang disediakan sederhana dan mudah dipahami sehingga memudahkan cek data yang dimasukkan.
  • Memudahkan dalam perencanaan dan pengaturan pembagian jam mengajar untuk masing-masing guru.
  • Data yang mudah diedit sehingga dapat digunakan untuk melengkapi lampiran SK pembagian jam mengajar (SK PBM).
  • Meminimalisir kesalahan karena tampilan pembagian jam sangat sederhana dengan kolom-kolom yang mudah dipahami, sehingga mudah mendeteksi kesalahan saat entri data.
  • Proses yang sangat cepat.

2__aSc TimeTables

Aplikasi aSc Timetables dapat di download di www.asctimetables.com. Cara install aplikasi aSc TimeTables ini silahkan baca di Cara Install Aplikasi aSc TimeTables

ASC TimeTables adalah program jadwal yang tidak diragukan lagi kehandalan dan kecepatannya dalam memproses jadwal secara otomatis. Selain tampilannya yang full grafis dengan warna-warni kartunya, aplikasi jadwal ini juga memiliki banyak feature yang siap mengakomodir penerapan model jadwal apapun yang mau kita susun.

Sayangnya masih banyak penyusun jadwal yang tidak mengetahui cara penggunaannya. Lagi dan lagi ketika penulis menyarankan menggunakan aplikasi ini tidak sedikit komentarnya yang bilang ribet dan sama saja, mending pakai cara yang manual saja. Wajar banyak yang berpendapat seperti itu karena memang aplikasi ini jarang yang membahasnya secara detail terutama pada bagian input data yang menurut penulis sedikit memerlukan ketelitian dan kejelian. Kebanyakan penyusun jadwal gagal menyusun jadwal dengan aplikasi apapun termasuk aplikasi aSc TimeTables ini hanya karena sulitnya pada tahapan membuat data. Dalam tulisan ini penulis mau membahas cara input data  aSc yang lebih cepat dan menyenangkan dengan aplikasi XML Creator for aSc TimeTables.

3__aSc Timetables Converter to Excel

Dapat didownload di sini.
Adalah aplikasi untuk mengubah hasil penjadwalan menjadi format excel spreadsheet. Jadwal yang sudah dikonversi menjadi excel akan memudahkan proses setup halaman dan printing jadwal untuk distribusi ke murid dan guru. Sama halnya dengan aplikasi XML Creator for aSc TimeTables, aplikasi ini juga berbasis excel. Sehingga penggunaanya tidak memerlukan install atau bersifat portable.

Kenapa harus pakai aplikasi aSc Converter to Excel ini untuk cetak jadwal?

Karena aSc TimeTables tidak menyediakan export data hasil jadwal keformat excel, aSc menyarankan printing jadwal hanya melalui interface aSc saja dan ini menurut penulis sangat ribet. 

Hasil dari konversi ke excel akan memuat pengkodean guru dan mata pelajaran, sehingga jadwal cenderung lebih sederhana dan tidak terlalu memakan kolom dan kertas saat dicetak.

Tampilan awal aplikasi aSc Converter to Excel kurang lebih seperti ini;

Setelah selesai LOAD aSc TimeTables XML tabel jadwal berformat excel dapat diacces lewat tombol yang disediakan di halaman MENU NAVIGASI atau di toolbar ribbon di bagian atas.

Kembali ke <<Index Tutorial